Diary Day 6

Dear Diary
Selasa, 25 Juni 2019

Selasa minggu terakhir dibulan Juni. Gak berasa satu bulan bakalan penuh lagi kita lewati. Berganti hari berganti bulan. Bentar lagi bakalan ganti tahun. Hari ini hari ke 6 aku pengamatan. Artinya ada 24 hari lagi sampai nanti pengamatan selesai untuk satu bulan.

Akhir-akhir ini aku lagi semangat-semangatnya untuk belajar memasak. Mencoba masakan-masakan baru dari resep cookpad atau sekedar bikin camilan untuk menemani menghabiskan waktu luang di rumah. Semangat belajar masak ini muncul dari ocehan emak di rumah. Kata emak, emak malu kalau anak-anaknya gak bisa masak. Apalagi emak udah minta mantu aja. Huh. Selama Ramadan kemaren aku menghabiskan 2 minggu di rumah dengan diajari emak masak. Dari masakan yang gampang sampai rumit. Diminta belanja ke pasar sampai menuangkan bahan-bahan makanan dan menyulapnya menjadi hidangan berbuka. Ku akui, sampai saat ini ilmu memasakku masih cetek. Aku adalah anak pertama dari 2 bersaudara yang merantau dari rumah semenjak lulus sekolah menengah. Melanjutkan sekolah tingkat atas di perantauan dan masuk asrama sekolah membuatku sama sekali tidak memegang kompor dan teman-temannya. Selama sekolah dulu aku juga hampir tidak mempunyai waktu untuk belajar memasak. Masuk sekolah pukul 6.45 pagi dan pulang pukul 18.00 bahkan sampai larut malam. Barulah setelah menapaki jenjang kuliah aku sadar, ternyata aku tidak punya keahlian dalam memasak. Sampai pada saatnya aku sadar sekarang ini :3
Rasa takut selalu muncul saat memasak. Takut gak enak. Takut salah. Takut ini dan takut itu serta yang lainnya. Urusan masak-memasak ini ternyata gak semudah menonton demo masakan di youtube. Memasak butuh konsentrasi dan indra perasa yang peka. Kalau gak peka aja sedikit berabe urusannya. Keasinan lah, kemanisan lah lebih-lebih masakan yang dimasak menjadi hambar atau menggoreng ikan menjadi gosong. Emak selalu menekankan sama kami anak-anaknya untuk belajar apapun hal tentang rumah tangga sedari dini. Emak gak mau malu kalau nantinya anak-anaknya tinggal bersama mertua ketahuan gak bisa ini gak bisa itu (heheh aku juga malu sih). Sekarang ini aku mulai rutin memasak setiap minggu ya walaupun masih bolong-bolong dan kadang bingung mau bikin apa. Syukurlah sekarang teknologi sudah semakin canggih. Aku bisa mengulik berbagai resep masakan dimanapun.

Udah dulu ah diary, ini sudah jam nya aku pengamatan. Nanti aku sambung besok lagi. Dadaaaaahhhhhh


Love, Putri 

0 comments:

Post a Comment